Mengantisipasi Penipuan di Facebook

Mei 8, 2010 pukul 5:47 am | Ditulis dalam Keamanan Facebook | 1 Komentar
Tag: ,

facebook Hati-hati dan jangan sembarangan mengikuti grup-grup atau browsing di situs facebook. Teman-teman mesti mengantisipasi penipuan di facebook. Nah, gimana caranya? Kamu mesti tahu cara mengenali tanda-tanda penipuan di facebook yang umum terjadi ya.🙂 Banyak creator/inisiator Group dan FanPage di Facebook menggunakan cara-cara yang -menurut saya- culas, demi mengumpulkan member sebanyak2nya dengan cepat.

Ada banyak motif melakukan hal semacam ini mulai dari tujuan kampanye/ cybermarketing, hingga yg jahat spt: mencuri user.id dan password dari para korban (baca: member) nya.

Saya mengkategorikan “penipuan mayapada” kelas teri tsb dlm 4 jenis sbb:

1. Bohong dipersyaratan, demi merekrut member dengan cepat
Ciri-cirinya:
Memberi iming2 sesuatu yg memberi nilai guna (tdak selalu berupa materi), namun utk mendapatkan tujuan tersebut, member diharuskan melakukan sesuatu yg samasekali tidak relevan.

Contoh grup/fanpage yg seperti ini, misalnya; Group “Membuat tulisan terbalik di Facebook”
Dalam kasus ini, cara membuat Tulisan terbaliknya sendiri tidak bohong. Dalam arti secara teknis memang bisa membuat tulisan terbalik ?u? ????d?s.
Anda pun bisa membuatnya koq (tanpa hrs terlebih dulu jd member grup2 tsb). Salah satunya dengan menggunakan halaman ini: http://mobinessia.com/flip.php -misalnya.

Yang saya nilai sebagai “upaya pembodohan” adalah pada bagian petunjuk pelaksanaannya, dimana member diarahkan untuk me-refer orang-orang dari frenlistnya terlebih dulu sebagai bagian dari step prosedur pelaksanaan membuat tulisan terbalik.

Bagi saya hal ini menggelikan. Kalau memang niatnya mau berbagi/ mengajarkan orang utk membuat tulisan terbalik, ya ajarkan saja langsung cara nya. Jangan “membohongi” dgn memasukan aktivitas “ajak teman lain” sebagai bagian dari proses belajar itu sendiri.
Bila setelah mengajarkan/berbagi cara kemudian pada bagian lain ada permintaan utk “refer 2 fren” itu akan lain masalahnya.

Intinya, bila Anda ingin bergabung dengan kelompok sejenis, namun mensyaratkan Anda utk me-refer terlebih dulu pd teman2 Anda, lewati saja bagian tersebut alias cuekin aja perintah utk ngajak2 teman.

2. Bohong samasekali
Ciri-cirinya:
Memberi janji sesuatu yg berguna, tapi tidak mungkin dilakukan. Termasuk juga kelompok-kelompok solidaritas yang mengusung suatu Hoax (kebohongan).
Contoh grup/fanpage yg seperti ini, misalnya;
– Cara mengetahui siapa yg melihat profile kita
Hal ini palsu alias mustahil, karena Facebook tidak membuka API untuk melakukan hal tersebut.
Saya pernah mencoba menengok salah satu aplikasi yg “katanya” mampu perlihatkan data orang-orang yg mengintip profil kita. Ketika pertamakali muncul daftar nama orang-orang (dari frenlist saya) yg di klaim telah mengintip profil saya, saya pun langsung ketawa sendiri lantaran dari sebagian nama yg muncul adalah publik figur dari frenlist saya -yang saya yakini jarang buka Facebook, apalagi berminat mengenal profil saya😀
Tapi saya msh kurang “tidak percaya”. Utk meyakinkan saya bahwa list ini bohong belaka, saya me-refresh / mengeksekusi lagi aplikasi tsb beberapa kali dalam jarak waktu yg dekat. Hasilnya; daftar “orang-orang yg mengintip profile saya” itu pun berubah dlm waktu yg singkat.
Tentunya hal tersebut adalah mustahil, kecuali saya amat sangat populer sekali di FB😛
Jadi kesimpulan saya bhw aplikasi tsb sekedar menampilkan daftar 10 nama yg diambil secara acak dari daftar frenlist saja.

– Page/Group: KAMI TIDAK MAU BAYAR 150ribu/bln FACEBOOK /JuliI 2010
Hehe.. sampai sejauh ini sih FB msh belum keabisan duit sampai-sampai perlu menarik iuran dari usernya. Grup ini merupakan tiruan dari group senada yg awalnya muncul di luar.
FB pun sudah pernah melansir bantahan thd rumor semacam ini, spt yg tertulis dlm artikel berikut

http://www.telegraph.co.uk/technology/facebook/6973757/Facebook-dismisses-rumours-of-charging-plans.html

3. Grup/Page yang benar2 Maling
Modus operandi group yg berprilaku spt maling ini umumnya menyiapkan sebuah alamat URL yg bila dibuka akan menampilkan tampilan yg menyerupai halaman login FB. Kemudian mensyaratkan user utk “login lagi” dari halaman palsu tersebut agar dapat memperoleh sesuatu yg dijanjikan.
Hey, bukankah Anda pd saat ini sudah login pd FB?? Lalu kenapa harus “login lagi” pdhal Anda kan belum logout.
Tentu motifnya tidak lain agar Anda “tanpa sadar” memberitahu user id & password Anda pada pihak lain (pihak maling ybs).
Contoh grup semacam ini:
Saya pernah jumpai di grup2 yg sejenis dgn grup2 yg senada dgn contoh2 sebelumnya, juga disebagian dari grup yg senada dengan “Cara cepat dapat teman dalam waktu singkat”.

4. Grup yg gak perlu dikomentari lagi🙂
hehe.. grup2 yg saya maksud dgn kategori ini biasanya diprakarsai oleh pelaku internet bisnis yg tdk fair, MLM, Skema piramida dan yg sejenisnya.
Saya tdk terlalu minat mengomentari apa2 thd grup/page sejenis ini yg biasanya menggunakan bahasa bunga yg terlalu amat sangat keterlaluan berlebihannya.😉
Singkat saja; yg pasti tak ada makan siang yg gratis, tak ada cara instan dapat uang, tak ada orang jadi kaya karena tidur😛
Contoh grup semacam ini banyak banget, misalnya:
– Bagaimana menghasilkan uang melalui FaceBook tanpa modal..
hehe.. mimpi kalee, utk koneksi ke Facebooknya aja udah butuh modal kan😛
– Cari Uang Gratis, Cara Cepat Dapat Uang, Cara Mudah Dapat Uang di Inernet dan sejenisnya
Kalau toh benar ide yg diusung, semestinya creator grup sejenis ini diangkat jadi Mensos, atau Menkokesra sekalian. Niscaya cari orang miskin menjadi sulit di Indonesia😛

Nah, bila Anda spt saya; suka sebal melihat perilaku tepu-tepu dari grup/page yg modus operandi nya spt diatas, Anda bisa melakukan hal kecil yang bisa jadi akan berguna bagi orang lain- yaitu dengan melaporkan penyimpangannya pd pengelola Facebook.
Biasanya pada tampilan grup/page ybs tertera icon kecil bertuliskan “Report” yang berguna utk melaporkan adanya pelanggaran.

—oOo—
Penulis: Widyo Rio
http://mobinessia.com
-blogging anywhere

Terima kasih mas Rio atas artikelnya yang cukup dalam menyajikan tentang Group dan FanPage Facebook yang belakangan ini sering sekali disalahgunakan. Mudah-mudahan para adminya pada insaf dan kembali kejalan yang benar (biar ga nyasar)

sumber: http://www.tips-fb.com/2010/02/kelompok-kelompok-tukang-tipu-di.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+Tips-FB+%28Tips-FB%29

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. I’ve learn a few good stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting. I surprise how so much effort you put to create the sort of great informative web site.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: